Makassar 8/8/2019 . ikatan pelajar mahasiswa yahukimo (ipmy) di kota studi makassar, pukul 16: 00 wita
diskusi lepas bersama dengan mahasiswa baru di sela-sela.
DISKUSI LEPAS BERPIKIR KRITIS DALAM ORGANISASI !!! Diskusi ini merupakan salah satu metode untuk mengubah pola pikir mahasiswa yang berpikir secara ilmiah dan berwawasan yang luas produktif dedikatif, dan kali ini juga yang telah pembawa materi oleh kakanda PAUL FALSAFA, dengan topik yang kren tentang organisasi, * dan diskusi kali ini mahasiswa yahukimo dapat pengalaman gratis dan mendapatkan refrensi /dasar untuk mengembangan kemampuan/ potensi yang akan dimiliki oleh setiap mahasiswa,. dalam diskusi ini tentu ada beberapa ilmu yang didapatkan oleh mahasiswaKemampuan berpikir kritis mahasiswa sangat perlu dikembangkan demi keberhasilan mereka dalam pendidikan dan dalam kehidupan bermasyarakat. dalam diskusi ini merupakan Keterampilan berpikir kritis dapat dikembangkan atau diperkuat, melalui proses pembelajaran. Artinya, di samping pembelajaran mengembangkan kemampuan kognitif untuk suatu pengalaman tertentu, pembelajaran juga dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Tidak semua proses pembelajaran secara otomatis akan tetapi kita ikatan pelajar mahasiswa juga agar dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Hanya proses pembelajaran yang mendorong diskusi dan banyak memberikan kesempatan berpendapat, menggunakan gagasan-gagasan, memberikan banyak kesempatan kepada mahasiswa untuk mengekspresikan gagasan-gagasan dalam tulisan, mendorong kerjasama dalam mengkaji dan menemukan pengetahuan, mengembangkan tanggung jawab, refleksi diri dan kesadaran sosial politik, yang akan mengembangkan berpikir kritis mahasiswa. Di samping itu antusiasme juga berpengaruh terhadap tumbuhnya keterampilan berpikir kritis mahasiswa.Dalam bidang pendidikan, berpikir kritis dapat membantu mahasiswa dalam meningkatkan pemahaman materi yang dipelajari dengan mengevaluasi secara kritis argumen pada buku teks, jurnal, teman diskusi, argumentasi dalam kegiatan pembelajaran. Jadi berpikir kritis dalam pendidikan merupakan kompetensi yang akan dicapai serta alat yang diperlukan dalam mengkonstruksi pengetahuan. Berpikir yang ditampilkan dalam berpikir kritis sangat tertib dan sistematis. Berpikir kritis merupakan salah satu proses berpikir tingkat tinggi yang dapat digunakan dalam pembentukan sistem konseptual mahasiswa. Selain itu berpikir kritis mahasiswadapat dikembangkan melalui pemberian pengalaman bermakna. Pengalaman bermakna yang dimaksud dapat berupa kesempatan berpendapat secara lisan maupun tulisan seperti seorang ilmuwan Kesempatan bermakna tersebut dapat berupa diskusi yang muncul dari pertanyaan-pertanyaan divergen atau masalah tidak terstruktur serta kegiatan praktikum yang menuntut pengamatan terhadap gejala atau fenomena yang akan menantang kemampuan berpikir mahasiswa.
Dan jaman regenerasi selalu berpikir dalam dunia jaman now, menghilangkan rasa percaya diri dalam mengembangan potensi,.
Berpikir kritis
mengandung aktivitas mental dalam hal ini tentu memecahkan masalah, menganalisis asumsi,
memberi rasional, mengevaluasi, melakukan penyelidikan, dan mengambil
keputusan.Dalam proses pengambilan keputusan,
kemampuan mencari, menganalisis dan mengevaluasi informasi sangatlah
penting. Orang yang berpikir kritis akan mencari, menganalisis dan
mengevaluasi informasi, membuat kesimpulan berdasarkan fakta kemudian melakukan
pengambilan keputusan. Ciri orang yang berpikir kritis akan selalu mencari dan
memaparkan hubungan antara masalah yang didiskusikan dengan masalah atau
pengalaman lain yang relevan. Berpikir kritis juga merupakan proses
terorganisasi dalam memecahkan masalah yang melibatkan aktivitas mental yang
mencakup kemampuan: merumuskan masalah, memberikan argumen, melakukan deduksi
dan induksi, melakukan evaluasi, dan mengambil keputusan.
PENULIS OPINI ilmiah : YUSTINUS KABAK
ADMIN : HUMAS IPMY KOTA MAKASSAR
0 komentar:
Posting Komentar